Penugasan dan Projek Tentang SEO
1.Apa yang dimaksud dengan SEO?
Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian, potensi trafik organik Anda pun meningkat.
2.Bagaimana cara kerja SEO
Crawling
Crawling atau Perayapan adalah suatu proses mengambil semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/spider atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.
Indexing
Indexing merupakan proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diambil dan disimpan ke dalam database mesin pencari. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau deskripsi yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu.
Processing
Ketika mesin pencarian menerima request dari user sebagai contoh dengan mengetikkan kata kunci “cara kerja seo” pada mesin pencari, maka mesin pencari tersebut melakukan proses dengan membandingkan kata kunci “cara kerja seo” kedalam request pencarian dengan halaman lainnya dari berbagai situs web yang telah terindeks pada database mesin pencari.
Calculating Relevancy
Dalam satu halaman web pastinya memiliki jumlah lebih dari kata kunci yang diinputkan ke dalam mesin pencari contoh pada kata kunci “pengertian seo”, sehingga mesin pencari melakukan proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.
Retrieving Result
Langkah terakhir dalam sistem mesin pencarian adalah mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah di proses sebelumnya lalu menampilkan ke dalam daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser.
Setiap bulannya, mesin pencarian seperti Google dan Yahoo! sering melakukan pembaharuan terhadap puluhan algoritma yang berhubungan dengan teknik relevansi dalam menampilkan hasil pencarian. Hal itu dilakukan agar hasil pencarian yang ditampilkan benar-benar menampilkan hasil yang tepat dan sesuai dengan kata kunci yang diinputkan. Meskipun prinsip dasar dari sistem pencarian pada mesin pencari adalah sama, tetapi yang menjadi pembeda adalah algoritma relevansi yang digunakan sehingga menyebabkan hasil mesin pencarian antara Google dan Yahoo! sedikit berbeda.
3.Bagaimana strategi membuat SEO
1.Sebagai contoh, untuk domain .com yang berarti Commercial dan paling umum digunakan oleh banyak orang untuk menjalankan bisnisnya secara global, dimana search engine akan mendistribusikannya secara global pula (contoh google akan mendistribusikan .com pada semua data center mereka yang tersebar didunia). Lakukan riset keyword
Dalam perencanaan mengembangkan situs, hal pertama yang kamu lakukan tentunya adalah perencanaan. Kemudian, langkah selanjutnya yang sangat penting adalah apa yang orang cari saat mengetik keyword tersebut di Google.
Bagaimana caranya? Kamu dapat melakukan riset keyword dengan menggunakan Google Adwords, yaitu Keyword Tools. Layanan ini disediakan oleh Google secara gratis. Setelahnya, coba googling keyword tersebut dan lihat artikel seperti apa yang keluar.
Umumnya tipe artikel tersebut akan sama dan ini bisa menjadi tanda seperti apa artikel yang biasa dicari oleh pengguna. Tapi tentunya, bukan berarti kamu membuat artikel yang sama, ya.
2. Gunakan domain berisi keyword
Dengan memasukkan keyword ke dalam domain tentunya akan membantu mesin pencari (search engine) untuk mengetahui fokus situs yang dibuat. Trik ini tentu akan sangat membantu dan menjadi rekomendasi untuk kamu coba.
3. Perhatikan plugins SEO
Ada beberapa plugins pendukung dalam situs yang dapat membantu SEO situsmu. Contoh beberapa plugins WordPress yang sangat membantu SEO situsmu adalah Yoast WP SEO atau All In One SEO Pack, Google XML Sitemaps, dan SEO Friendly Images.
4. Buat konten berkualitas
Siapkan konten untuk pembaca situsmu. Buat pembaca Kamu menikmati semua konten situs terus menerus. Sebaiknya kamu tetap melakukan update terhadap situsmu dengan konten yang original dan menarik bagi pembaca. Tentunya konten tersebut juga mesti bermanfaat dan mengandung keyword SEO.
5. Manfaatkan media sosial
Media sosial memiliki peran penting di search engine. Salah satu kunci agar sukses di SEO bukan hanya membuat konten yang bagus, tapi juga berkualitas dan menarik untuk dibagikan.
Jadi, kamu juga harus memperhatikan media sosial untuk meningkatkan situs dan SEO.
6. Bangun backlink
Algoritma Google akan selalu berubah dari waktu ke waktu. Namun, hal penting yang tidak akan pernah berubah dalam SEO adalah backlink. Oleh karena itu, bangunlah backlink yang berkualitas untuk situsmu. Hal ini bisa kamu lakukan secara terus menerus dan bertahap.
Saat membangun backlink untuk sebuah situs adalah membangun yang berkualitas. Jadi, gunakanlah waktu senggangmu untuk membangun backlink yang berkualitas dan perlu dilakukan secara terus menerus dengan bertahap.
7. Perhatikan penamaan gambar
Selain beberapa hal di atas, hal penting lainnya adalah dengan melakukan optimasi pada setiap gambar yang kamu upload dengan menyisipkan Title tags, ALT, dan menamai file gambar sesuai keyword SEO.
8. Jangan lupa mencantumkan link
Setelah itu, jangan lupa juga untuk memasukan internal link dan external link. Internal link adalah tautan suatu halaman ke halaman lain di situs yang sama. Sedangkan untuk external link adalah tautan yang kamu cantumkan yang mengarah pada situs lain.
Nah, baik internal link maupun external link akan sangat membantu untuk situsmu. Internal link akan membantu meningkatkan engagement pengguna, menurunkan bounce rate, dan memudahkan Google untuk membaca halaman-halaman pada situsmu.
Sedangkan external link dapat membantumu untuk memperkuat isi artikelmu dengan mencantumkan sumber penulisan artikel. External link yang berkualitas akan memengaruhi poin relevansi dan tingkat kepercayaan suatu halaman. Dengan begini, maka SEO pada situs-mu akan mendapatkan nilai positif dari Google.
Nah, nilai yang positif dari Google tentu akan cukup membantumu dalam meningkatkan page rank dan kemudian traffic situsmu.
4.Apa yang di maksud dengan On-Page SEO
Mengoptimasi Halaman dan Konten Website untuk Mesin Pencari. On-page SEO adalah faktor-faktor yang menentukan teroptimasi atau tidaknya website anda terhadap mesin pencari dilihat dari dalam websitenya sendiri. Artinya, anda akan melakukan optimasi di dalam website anda sendiri.
5.Bagaimana proses kerja SEO On Page
Berikut adalah cara-cara memaksimalkan SEO melalui On Page SEO :
1. Atas ke bawah, kiri ke kanan
Aturan Crawler dari Search Engine membaca suatu halaman web atau blog adalah dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan. Jadi Anda harus mengatur halaman situs Anda sesuai dengan aturan ini. Yang harus dilakukan :
Letakkan teks judul yang mengandung kata kunci di kiri atas.
Crawler menyukai konten. Jadi setelah header dan judul, disitulah konten halaman seharusnya diletakkan.
Setelah itu bagian lain yang kurang penting diletakkan di bagian kanan atau bawah.
2. Letakkan kata kunci di dalam nama domain
Crawler akan memberi nilai lebih pada suatu kata kunci yang diletakkan pada nama domain. Jadi sebisa mungkin Anda menggunakan target kata kunci ke dalam nama domain. Dan juga gunakan layanan hosting yang populer, yang memungkinkan web atau blog memperoleh traffic lebih.
3. Prioritas letak kata kunci di halaman web atau blog
Ada prioritas letak kata kunci suatu halaman yang dibaca crawler, yaitu : domain atau url > title tag > image tag > 200 kata pertama > kata-kata setelahnya. Maka untuk mengoptimalkan suatu kata kunci, ikuti petunjuk tersebut. Tetapi Anda harus berhati-hati dan pertimbangkan keyword density, dan jangan coba-coba mencurangi Search Engine.
4. Analisa kompetitor Anda dalam mengoptimalkan kata kunci
Coba Anda lihat dalam hasil pencarian suatu kata kunci di Seach Engine (Google atau Yahoo). Pelajari bagaimana kompetitor Anda mengoptimalkan kata kunci tersebut. Lihat juga dari mana saja kompetitor memperoleh link. Tidak ada salahnya Anda mencobanya, asalkan tidak menggunakan cara-cara yang curang (Black Hat SEO).
5. Gunakan HTML tag dan juga tag dalam image (gambar)
Ada beberapa jenis HTML tag yang bisa digunakan dalam halaman web atau blog, seperti meta tag, title tag, content tag, dll. Dan juga sangat penting untuk memberikan alt tag dan title tag pada image (gambar), karena crawler tidak bisa membaca grafik.
6. Link-kan halaman utama (home page) ke setiap halaman web atau blog
Ketika pengunjung datang ke halaman web atau blog Anda melalui Search Enginge, tidak semua orang akan mencari halaman utama. Maka navigasi ke halaman utama sangat penting, supaya pengunjung lebih mudah mengingat nama situs web atau blog Anda.
7. Buat sitemap
Sitemap memudahkan Search Engine meng-indeks tiap halaman web dan blog. Sehingga setiap Anda membuat halaman baru, kemungkinan halaman tersebut untuk cepat ter-indeks semakin besar. Untuk membuat sitemap, Anda bisa mencari di Google dengan kata kunci “XML Sitemap Generator”. Akan banyak tersedia layanan untuk membuat sitemap secara gratis.
8. Sertakan file robots.txt ke folder utama dari hosting
File robots.txt ini akan dibaca pertama kali oleh setiap crawler Search Engine yang datang. Untuk petunjuk cara membuatnya, akan saya bahas di postingan berikutnya. Untuk sementara silahkan cari di Google.
9. Usahakan konten web atau blog sesuai dengan judul
Hal ini berhubungan dengan keyword density. Jika Anda membuat judul yang heboh tetapi inti dari konten tidak sesuai judul, maka susah halaman tersebut bersaing di Search Engine. Usahakan kata kunci yang ada pada judul, juga sering ditulis dalam konten. Beberapa pendapat mengatakan keyword density yang terbaik sekitar 4%.
Share Article:
https://www.mastah.org/pengertian-dan-proses-cara-kerja-seo-page-optimasi-website/
Cara Membuat Seo, Cara Optimasi Blog Baru, Cara Optimasi Seo Blogspot, Optimasi Seo Off Page, Optimasi Seo Website, Optimasi Seo Youtube, Pengertian Seo On Page, Proses Kerja Seo On Page
Cara Mengaktifkan SEO Di Blog – Pentingkah SEO Website?!
Left Arrow
Cara Mengatasi Minder Karena Jelek – HUMOR (Jangan Baca!!!)
Right Arrow
Related Articles
Topologi Cincin : Cara Kerja, Ciri Ciri dan Kelebihan Kekurangan
Topologi Bintang : Prinsip Kerja, Ciri Ciri dan Kelebihan Kekurangan
Per to Per (P2P) : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan
Upgrade Shared Hosting ke VPS di Niagahoster dengan Mudah
Browser Puffin Desktop Windows – Free Download
Recent posts
Definisi Algoritma : Ciri, Bentuk dan Contoh
Pengertian Logistik : Tujuan, Manfaat dan Aktivitas Logistik
Macam Jenis Alat Telekomunikasi
Mesin dan Otomotif
Page
ABOUT
CONTACT
DISCLAIMER
DMCA – LEGAL INFORMATION
PRIVACY POLICY
TERMS OF SERVICE
6.Apa yang dimaksud dengan SEO Off Page
Off page SEO adalah teknik mengoptimasi website yang dilakukan dari website dan atau media lainnya, menuju ke website utama / yang ingin dioptimasi.
7.Bagaimana proses kerja SEO Off Page
Cara kerja untuk mengoptimasi off page seo yaitu diluar dari website utama dengan memberikan baclink ke website utama anda . Nah, jenis backlink bisa anda gunakan untuk do-follow atau pun no-follow link.
Pada gambar ini, terdapat beberapa jenis cara yang bisa anda lakukan agar dapat mengoptimalisasi off page seo sebuah website. Seperti blog post, video, review, press release, forum, social network dan lain sebagainya dengan mengedepankan link yang kamu punya.
Untuk praktisi seo di indonesia maupun di luar negri selalu menggunakan jenis baclink PBN (Private Blog Network) agar dapat mengoptimasi website kata kunci yang mereka inginkan. Namun, cara ini tidak dianjurkan, tapi PBN terbukti sangat ampuh untuk mengoptimasi sebuah kata kunci.
8.Apa manfaat SEO secara umum
Meningkatkan Penjualan (Sales)
Dengan mendapatkan posisi terbaik di setiap pencarian Kata Kunci produk / jasa akan membuat pengunjung lebih mempercayai website Anda karena memiliki urutan terbaik. Secara umum peningkatan penjualan juga akan membantu perkembangan dari perusahaan yang Anda kelola.
9.Ekstensi domain mana yang bagus untuk SEO
Sebagai contoh, untuk domain .com yang berarti Commercial dan paling umum digunakan oleh banyak orang untuk menjalankan bisnisnya secara global, dimana search engine akan mendistribusikannya secara global pula (contoh google akan mendistribusikan .com pada semua data center mereka yang tersebar didunia).
10.Seberapa besar pengaruh hosting pada SEO
4 basis poin berikut dianggap akan menambah skor Anda dalam algoritma Google. Poin-poin tersebut adalah: kecepatan (server speed/loading time), uptime, geolocation, dan bad neighborhoods.
1. Mempengaruhi cepat akses dan loading time
website speed loading time
Tiap server hosting punya kapasitas kecepatan akses dan loading website. Ini dipengaruhi oleh jaringan yang ia pakai.
Misal, Indonesia memiliki jaringan data center IIX yang kencang jika diakses dari dalam negeri.
Cepatnya akses dan loading time akan menghindarkan customer bosan dan pergi dari website Anda. Artinya, bounce rate website akan rendah dan menguntungkan SEO.
2. Skor Uptime meningkatkan trust.
Uptime adalah prosentase stabilitas dan konsistensi server. Selain kecepatan loading website, uptime yang lebih tinggi akan menghindarkan situs Anda dari reputasi buruk, karena ia lebih stabil dan minim resiko tidak responsif saat dikunjungi customer.
Rendahnya uptime tidak hanya menurunkan peringkat. Ia bisa juga menyebabkan pelanggan Anda pergi. Bayangkan jika ini terjadi pada sebuah toko online – tentu, calon customer itu akan berpikir untuk mencari produk di tempat lain.
3. Lokasi server mempengaruhi Geolocation
Memilih IP address geolocation yang baik
Geolocation berkaitan dengan IP address server Anda.
Mesin pencarian Google akan mengutamakan website dengan IP address yang sama dengan IP address calon pengunjung.
Sebagai contoh, jika target pasar website adalah masyarakat Indonesia, maka gunakanlah hosting yang berada di Indonesia. Begitu pun dengan bisnis yang menyasar negara lain.
4. Bad Neighborhoods – IP address dari web dan mail server
Layanan semacam shared hosting memasang alamat IP yang sama bagi ribuan website yang ia host. Cara ini memiliki resiko besar.
Maksud dari bad neighborhoods (lingkungan tetangga yang buruk) adalah website kita berbagi IP address dengan website yang mengandung spam atau malware. Ini juga berdampak pada SMTP atau IP email server.
Google tentu memberi skor rendah untuk IP address bermasalah. Jika server Anda berada di IP yang sama dengan spammer, Anda akan masuk daftar hitam bersamaan dengan mereka.
0 Komentar